Browsing category

Nusakambangan

Nusakambangan, Pantai,

Pantai Selok Pipa, Nusakambangan

Yey, akhirya setelah beberapa bulan nggak nulis tentang pantai yang ada di Nusakambangan, sekarang mau bahas pantai Selok Pipa yang ada di nusakambangan, banyak sing tanya tentang cara ke pantai selok pipa ini ke instagramku @manggaul (promosi), buat yang baru pertama baca blog ku ini bisa liat daftar isinya di sini loh, ada beberapa pantai yang berpasir putih yang bisa dikunjungi untuk umum

Oke, di nusakambangan sebenernya banyak sekalo terdapat spot mancing, salah satunya adalah di pantai selok pipa. Pantai yang tersembunyi di pantai selatan pulau nusakambangan dengan keindahan yang sangat mengagumkan, pantai yang berkarakter karang dangkal dan bentuknya seperti halnya laguna, maka pantai ini sangat aman untuk aktifitas memancing.

from http://www.clacapan.com/ – Ikan cendro hasil memancing di selok pipa Nusakambangan

untuk akses kesini cukup mudah, beda dengan pantai nusakambangan yang lain yang harus berlajan hampir beberapa jam, kalau ke pantai Selok Pipa ini jalan kaki cuma sekitar 30 menit aja, tapi sebelumnya harus naik perahu dulu ya dari Teluk Penyu, tarif naik kapalnya murah kok, 25rb udah bolak balik, dateng aja ke keteluk penyu bilang aja mau ke Pantai Selok Pipa, pasti si tekong (nelayan) udah tau kok, langsung dianterin dan dikasih nomer hp, nah nomer hp ini bisa di telfon buat jemput pas kamu mau pulang dari pantainya, oiya kasih kabarnya jangan masih di selok pipanya yaa, nanit kelamaan nungguin kalian jalan, kan kasian…

Untuk ke pantai ini, kamu cukup bilang mau ke Selok Pipa, nanti dianterin ke lokasi ini, nah disinilah kamu memulai perjalanan, inget ya jalannya lurus dibalik jembatan ini,

tambatan kapal di karang tengah
Arah jalan ke selok pipa

nah di perjalanan ini nanti ada rumah warga, dimana dirumah ini ada warga yang membuat gula dari kelapa, kamu bisa loh beli gula nya dari sini, langsung, eh kalo pas beruntung kadang nemuin warga yang lagi proses membuat Gula kelapanya

proses pembuatan gula

lanjut perjalanan lagi kamu nanti ngelewati kuburan, aku juga ga tau pasti sih ini kuburan warga sini atau emang kuburan belanda, pokonya disini ada kuburan, dan kamu pasti lewat sini

makam

kalo ketemu kuburan ini, lewat sebelah kirinya yaa, terus naik ke atas nanti ketemu pohon pohon kelapa yang lurus lurus, cakep sih buat foto

pohon kelapa tertata rapi

ngikuti jalan aja kalo udah sampe sini, jalannya jelas kok, cuma 1 jalur, jalurnya jelas karna masih banyak orang yang kesini buat mancing sampe nginep ber minggu minggu disini

Didalam perjalanan menuju ke selok pipo

ada beberapa foto yang mau aku bagiin nih, dan ada ratusan foto lagi di Hardisk ku, kalau mau liat atau mau minta foto bisa loh kamu pinjem Hardiskku,, mau kasih tau juga nih, ini pantainya berbentuk U nah kamu bisa loh ke kanan atau ke kiri , cuma bedanya kalau ke bagian kiri ombaknya lumayan kecil, pantainya lebih tenang dan batunya gede gede banget, di bawah ada gambarnya yaa,, nah untuk yang pantai sebelah kanan disini bebatuannya kecil kecil tapi ombaknya lumayan guede loh, bisa sampe 5 meter, nanti kamu bisa liat di foto nya yaa

Nah foto foto diatas adalah sebelah kanan, kalo bagian sebalah kiri bisa lihat foto2 dibawah ini ya

kayanya cukup segini aja yaa foto fotonya, sebenernya sih masih banyak yang lainnya, tapi sigini aja deh yang dibagiin, kalau mau tanya yang lainnya tentang pantai Selok Pipa ini, kamu bisa komen dibawah yaa, nanti dibales oiya beberapa foto diatas diambil dari temen saya @risharofiana sama dari mas Tangkas Pamuji

Catatan, Catatan Perjalanan, Nusakambangan, Pantai,

Pengalaman Bermalam di Pantai Kalikencana Nusakambangan

Halo Guys …
Kali ini saya akan menceritakan perjalan dan ekspedisi bermalam dipulau Eksekusi yaitu Pulau Nusakambangan

srikandi dalan trip kita

Pulau Nusakambangan adalah tempatnya Wisata pantai atau pantainya Cilacap selain Pantai Kemiren dan Teluk Penyu, tetapi Nusakambangan Juga memiliki berbai tempat menarik seperti : karang bolong,kalimpat,kalijati,karang bandung,rancahbabakan,selok pipo,kalikencana dan masik banyak lagi yang belum terjamah oleh manusia karena lebatnya hutan dan mistis yang ga sembarang orang dapat menembusnya, dan jika Kalian ingin mengunjungi wisata tersebut bisa follow instagram @manggaul @daubmatulasi

membuat api unggun untuk menghangatkan badan

Nah kali ini saya akan menceritan pengalaman saya camp di Kalikencana ,kalikencana terletak di nusakambangan bagian tegah ,selatan pulau atau balik pulau , jika kalian ingin kesana harus menembus hutan dengan perjalanan kaki kurang lebih 2jam – 3jam perjalanan kaki jika normal

Kembali ke tema, pada saat itu hari sabtu bulan 11 kalau ngga 12 tahun 2016 pukul 10.00 am saya datang kekontrakan temen untuk kumpul bareng, setelah beberapa saat saya mulai mendengar pembicaraan untuk camp dinusakambangan, pada saat itu saya tertarik untuk ikut karja saya juga sebenarnya pengin camp disana masa kesana Cuma buat nganterin orang tourguide dipagi sampai sore kan pasti penasaran saat malam lhaa,,,lalu saya mengusulkan pertanyaan “bawa tenda berpa guys” ,bawa 2 tenda bro,mau ikut apa “ya udah boleh kalo bener bawa 2 karna perasaan gw udah ga enak,jam 12 gw balik buat packing ,biasa acara kalo ndadak itu lebih greget wkwk , jam 2 gw langsung kesana dengan dianter temen sampai teluk penyu jam 1 kami semua udah sampai diteluk penyu,,eh sesampai diteluk penyu ternyata ga boleh buat camp ,katanya bahaya mas kemaren baruaja ada yang hilang,nyampai diteluk penyu jam 11 malem ,terus pada tanggal 29-11-2016 dikalimpat juga kejadian sama nyampe teluk penyu jam 10 malem gara’’ ada yang kesurupan ditengah perjalanan, akhire semua tukang perahu pada denger karna cekcoknya keras dan emang ketentuan dari paguyuban untuk tidak memberi izin,karna temen kami pada ngotot kepala tanggung udah bawa carrier akhirnya kepala paguyuban ditelpn teman saya ,dia dibawa blab la bla…masih tidak boleh ,akhirnya saya pun angkat bicara, saya sudah berpuluh kenusakambangan pak,saya paham betul alur,arah dan jalur dinusakambangan, lalu situkang perahu menjawab,”bukannya gitu mas ini udah kesepakan seluruh paguyuban,karna memang lagi ga aman buat perjalanan malam , saya menjawab,iya pak saya tahu itu saya akan jaga temen’’ saya tau resiko tapi saya punya solusi jika musuh saya bukan manusi,tapi kalo manusia saya pasti kalah karna saya ga bawa senjata,blab la bla

sedang membuat api unggun

Akhirnya saya diizinkan untung nybrang dengan perjanjian jika terjadi apa’’ karna hantu saya ga tanggung jawab,tapi kalo preman saya dari paguyuban bertanggung jawab, dan DEAL pukul 15.00 wib kami disebrangkan 15 menit sampai pukul 15.15 kami berdo’a sebelum memasuki hutan dan berangkat ,gw memimpin pasukan didepan sendiri ,setelah ditengah perjalan gw ngerasa ga enak,dan akhirnya gentian temen gw yang didepan ,setelah perjalanan kurang 15 menit lagi sampai karna tinggal nyebrang sungai dan hutan pohon waru dengan desiran ombak yang besar waktu itu pukul 18.00 saya meminta teman gw untuk break karna waktu wagrib ,temen gw ngeyel karna emang udah deket akhirnya pada nekat nyebrangi sungai dan seketika langit langsung gelap dan malam padahal harusnya masih cerah karna dipantai ,deg perasaan gw makin kacau dengan suara gamelan dan orgen , akhirnya gw nyuruh temen gw untuk break karna sudah pasti jalan nutup walaupun nyari berapa lama ga mungkin ketemu kalo bukan jamnya ,akhirnya pada ga percaya nekad nyari ,waktu itu gw berangkat ber 9 ,laki 6 cewe 3

tidur disini, dan yang cewe di dalem tenda

Gw bareng cewe’’ sambil nyalain rokok,,setelah setengah jam berlalu temen gw balik dengan hasil zonk ,akhrya gw udah berani jalan karna jam menunjukan jam 19.00 gw ngusulin lewat jalur sungai,eh ternyata airnya dalem banget padahal aslinya ga sedalam itu,,akhirnya udah lah camp sini aja pada putus asa.wah ga baik nih akhirnya gw nekad nyari jalur sama temen gw berdua lainnya tek suruh istirahan dan waktu itu saya kejeblos lumpur hampir habis paha gw ditelen lumpur dan akhirnya gw nyuruh temen gw balik lagi kerombongan break sebentar makan,ngopi,gitaran dan menikmati indahnya kunang-kunang

Jam menunjukan pukul 20.00 ayo jalan lagi gw yang didepan…dan jam 20.15 gw nemuin jejak kaki dihutan waru dan seketika itu jalur langsung muncul dengan jelasnya , jam 2.30 kami sampai pesisir pantai,langsung bikin api unggun,makan mie,tenda dan foto’’, ternya temen gw bo’ong katanya bawa tenda 2 ternya 1 yang satunya Cuma banner waduh,, jam 1 udah pada mulai ngantuk dan mencoba tidur ,gw dan para laki’’ dibanner dan cewe ditenda ,,jam 1.30 gw ga bias tidur karna gigitan serangga yang kurang ajar ,yang lain juga sama, dan ngoceh “kalo ini siang gw bakal balik dah” ga bias tidur sama sekali,panas,gatel,sakit,,hahh celoteh temen gw ,,gw mah masih biasa waktu itu dan setelah pulang gw paling parah

makan pagi bareng

Akhirnya pagi ,pukul 05.00 gw liat seorang laki’’ dan gw samperin ,pak dipantai sejak kapan “udah 6 hari mas,nyari lobster” emang bener sih lagi megang lobster,dan gw Tanya lagi, berarti semalam denger kita teriak’’ sama sorotan senter yah pak,lalu menjawab “wah gak liat dan denger apa’’ mas,nyasar yah” iya pak kok tau,lalu dia njawab “iya mas aku juga kemaren ilang sama,gabisa balik kegubug,lagi panas sih mas nusakambangan,dihutan pas mas ilang kana da makamnya” ,apa iya pak ga tau malah “itu yang tumpukan tanah itu makam mas”…dan bapak itupun pergi dan gw persiapan packing ,jam 9 mulai keluar dari kalikencana,terus lewat hutan waru semalem ,kita emang Cuma muter’’ disekeliling makam karna banyak jejek kaki kami,edan nihh jam 12.00 nyampai pantai jam 13.00 nyampai kost, mandi makan ,tidur,dan bangun tidur kaki gw udah bintik’’ merah hanya gw doang, mungkin karna keblusuk/ditelan lumpur pas dihutan semalem (fotonya ada disini)

Nb: karena privasi jadi gak bisa mempublikasikan foto lebih banyak 🙂

Nusakambangan, Pantai,

Pesona yang dimiliki pantai Kalikencana, Nusakambangan

Pantai Kalikencana, Nusakambangan. Setelah kemarin saya bikin artikel tentang Cara Menuju Kalikencana Nusakambangan, kali ini saya mau membahas tentang yang ada pantai kalikencana ini. Kalikencana, kenapa dinamakan pantai kalikencana juga saya belum tau. Kalikencana ini adalah salah satu pantai yang ada di cilacap yang bisa dibilang salah satu surga yang ada dinusakambangan, pantai ini cukup cantik, cakep juga, ganteng, keren, gagah, pokoknya lengkap deh

Pantainya panjaaaang, pasirnya putih bersih, karangnya gede gede, ombaknya juga lumayan gede gede, juga lumayan dalem juga sih disini, kalau misal mau mandi mandi di pantainya juga ada tempatnya sendiri buat sekedar mau ngerasain  dinginnya air laut ini, tapi jangan asal nyebur nyebur ke pantai aja ya soalnya airnya dalem langsung dalem banget kalo salah nyebur, bahaya juga kan kalo belum bisa berenang tapi asal nyebur ajaa

Disini ada air payaunya juga loh di sebelah bibir pantainya, dimana air payau ini saya namai Muara Kencana, ga terlalu dalam airnya sekitar 1 meter dan saya juga ga tau muara ini panjangnya seberapa, yang jelas panjang banget muaranyaa,  pokoknya pantai ini bisa dibilang lengkap deh, ada hewan hewan laut juga disekitar karangnya yang besar besar, seperti bulu babi sampe lobster yang gede gede sampe 2 jengkal lebih saya juga pernah liat di pantai kalikencana ini loh, ada fotonya kok  // sampe sini dulu nulisnya, mau bokuer dulu nih, kalo mau liau foto fotonya disini nih Disini !!!

Nusakambangan, Pantai,

Pantai Karang Bandung, Nusakambangan

          Pantai Karang Bandung, Pantai ini bisa dibilang Surganya Batu Akik. Loh, kenapaa? kareana di pantai ini banyak sekali batu batu kecil, hehe .. tapi beneran loh kalau disini tepatnya mencari batu akik, saat saya kesana ujuga menemui sekitar 6 orang yang sengaja datang dari pagi hingga sore hari hanya untuk mencari bahan batu akik disini, kalau kamu suka batu akik juga mungkin pantai ini pantai yang tepat untuk mencari bahan batu akik.

          Akses menuju pantai Karang Bandung:
Untuk menuju pantai Karang Bandung ini sebenarnya tidak beda jauh dengan trek yang dilalui untuk menuju ke pantai Kalipat, karna sebenarnya pantai karang bandung ini kalau dibayangkan adalah sebelahnya pantai kalipat, lebih tepatnya sebelah kirinya pantai kalipat.. treknya hampir sama, cuma kalau mau ke karang bandung ini belok ke kiri dan yang ke pantai kalipatnya belok ke kanan, oiya kalau lurus terus nanti bakalan masuk ke kawasan mercusuar. Kalau kita masuk ke mercusuar alangkah baiknya ijin dulu sama penjaganya yang ada di dalam sana, kalau sudah masuk ke Mercusuar kita dapat melihat laut lepas dari ketinggian, oiya dari mercusuar ini juga bisa melihat kota cilacap dari ketinggian loh, ga percaya? buktiin sendiri

          Dokumentasi Pantai Karang Bandung:
Ini adalah beberapa foto yang sempat saya abadikan dengan kamera saya saat berada di Pantai yang bisa dibilang cukup perawan ini. Untuk memperbesar fotonya silahkan klik saja gambarnya

Video Dokumentasi Pantai Karang Bandung, Nusakambangan:

Saran untuk yang mau ke Pantai Karang Bandung:

Sebenarnya ini sama sih persiapannya dengan yang ke kelipat tadi, soalnya pantai Karang Bandung ini tetanggaan dengan pantai Kalipat, yaudah saya tuliskan lagi disini :

1. Kalau belum ada yang tau jalan menuju kesana lebih baik jangan nekad kesana, soalnya kalau kesasar di hutan nusakambangan sulit untuk keluar, soalnya sama sekali tidak ada sinyal

2. Gunakan alas kaki yang nyaman, recomended pake Sendal Outdoor, karena medan disana cukup licin kalau pas musim hujan.

3. Bawalah bekal makanan atau pegganjal perut yang cukup, soalnya juga disana tidak ada pedagang. Oiya, jangan lupa bawa AQUA atau air minum yang cukup karna saat perjalanan kita bisa menghabiskan banyak aqua

4. Kalau mau mengakses pantai ini tanpa melewati lebatnya hutan Nusakambangan ada alternative lain kok, cukup membayar sekitar 600rb/kapal , kapal yang kita tumpangi langsung sampai ke bibir Pantai Karang Bandung ini.

Nusakambangan, Pantai,

Pantai Karang Pandan, Nusakambangan

          Pantai Karang Pandan, Pantai Karang Pandan atau yang sering dikenal dengan Pantai Karang Bolong ini sudah banyak dikenal oleh banyak masyarakat, orang orang sekitaran cilacap kalau tanya mau ke pantai pasir putih nusakambangan pasti mereka mengarahkan ke pantai ini. Saat ini, pantai yang berada di kawasan pulau Nusakambangan ini sudah di kelola oleh beberaapa orang, beda dengan ke dua pantai diatas (Kalipat dan Karang Bandung) belum ada yang mengelola             Akses menuju pantai Karang Pandan:
Untuk menuju ke bibir pantai Karang Pandan atau karng Bolong ini cukup mudah dan gampang kok, dengan biaya masuk sekitar , yang pertama kita diharuskan menyebrang dulu dari teluk penyu ke nusakambangan ini, setelah itu disana ada 2 pilihan, Pilihan yang pertama kita bisa jalan kaki sampai ke pantainya (sekitar 30 menit), dan pilihan yang kedua ada lah menaiki odong odong yang dikelola oleh warga cilacap yang berada disana

Dalam perjalanan menuju pantainya, kita melewati sebuah benteng, nama benteng tersebut adalah Benteng Karang Bolong, jaraknya sekitar 1km dari pemberhentian kapal tadi. Setibanya di Benteng Karang Bolong, mungkin kesan pertama yang kita rasakan adalah kesan mistis. Hal ini karena benteng tersebut tergolong bangunan tua yang berdiri sejak ratusan tahun lalu, Kesan angker makin kental terasa karena memang terlihat seperti tidak terurus.Dokumentasi Pantai Karang Pandan:
Ini adalah beberapa foto yang sempat saya abadikan dengan kamera saya saat berada di Pantai Karang Pandan atau yang sering disebut Pantai Pasir putih ini yang bisa dibilang cukup perawan ini. Untuk memperbesar fotonya silahkan klik saja gambarnya  

Saran untuk yang mau ke Pantai Karang Pandan:

Saran buat yang mau ke Karang Pandan :

1. Kalau belum ada yang tau jalan menuju kesana lebih baik jangan nekad kesana, soalnya kalau kesasar di hutan nusakambangan sulit untuk keluar, soalnya sama sekali tidak ada sinyal

2. Gunakan alas kaki yang nyaman, recomended pake Sendal Outdoor, karena medan disana cukup licin kalau pas musim hujan.

3. Bawalah bekal makanan atau pegganjal perut yang cukup, soalnya juga disana tidak ada pedagang. Oiya, jangan lupa bawa AQUA atau air minum yang cukup karna saat perjalanan kita bisa menghabiskan banyak aqua

Biaya untuk menuju ke pantai yang mempunyai pasir putih ini cukup murah, yaitu sebesar 5000 rupiah. Jadi, total semua biaya yang dikeluarkan untuk ke Pantai Karang Pandan dan Benteng Karang Bolong adalah sekitar 25.000 sudah termasuk biaya kapal sebesar 20.000

Nusakambangan, Pantai,

Pantai Kalipat, Nusakambangan

Pantai Kalipat, Ada pantai lagi nih dari Pulau Nusakambangan yaitu Pantai Kalipat, Pantai ini sudah mulau dikenal oleh remaja remaja sejak kemunculannya di instagram @explore_cilacap dimana saat itu komunistas instagram itu melakukan Meet Up ke Pantai Kalipat ini, dari situlah mulai banyak yang tau tentang pantai ini.

          Akses menuju pantai Kalipat:
Pantai Kalipat ini berbanding terbalik dengan Pantai Permisan yang saya bahas diatas, dimana kalau mau mengakses pantai ini diharuskan untuk menembus atau melewati hutan Nusakambangan terlebih dahulu degan cara jalan kaki selama kurang lebih 1.5 jam dari pemberhentian kapal yang ada di Karang Tengah, di sepanjang perjalanan yang akan kita temui cuma hutan hutan dan hutan. Oiya, kalau sedang beruntung, kita bisa bersimpangan dengan Kuda yang membatu membawa barang barang milik petugas Mercusuar, jadi kalau kita ketemu dengan kuda ini lebih baik kita minggir aja soalnya kadang tidak ada yang mengawal kuda tersebut

Untuk biaya menuju pantai ini sebenarnya gratis kalau kita punya kapal sendiri untuk menuju ke karang tengahnya. tetapi karena kita tidak punya kapal maka kita cukup membayar kapalnya saja sekitar 20rb / orangnya, masuk ke pantainya Gratis (untuk saat ini) karena Pantai Kalipat ini belum di kelola, kalau sudah di kelola mungkin ada biaya tambahan lagi

          Dokumentasi Pantai Kalipat:
ini adalah beberapa foto foto dokumentasi saat saya kesana. kalau kurang jelas silahkan klik gambarnya.

Video Dokumentasi Pantai Kalipat, Nusakambangan:

Saran untuk yang mau ke Pantai Kalipat:

disini saya akan memberikan beberapa saran yang mungkin berguna bagi yang akan berkunjung ke pantai Kalipat ini .

1. Kalau belum ada yang tau jalan menuju kesana lebih baik jangan nekad kesana, soalnya kalau kesasar di hutan nusakambangan sulit untuk keluar, soalnya sama sekali tidak ada sinyal

2. Gunakan alas kaki yang nyaman, recomended pake Sendal Outdoor, karena medan disana cukup licin kalau pas musim hujan.

3. Bawalah bekal makanan atau pegganjal perut yang cukup, soalnya juga disana tidak ada pedagang. Oiya, jangan lupa bawa AQUA atau air minum yang cukup karna saat perjalanan kita bsia menghabiskan banyak aqua

Nusakambangan, Pantai,

Pantai Permisan, Nusakambangan

          Pantai Permisan, Terletak di ujung pulau nusakambangan tepatnya di sebelah selatan Lapas Permisan, Pantai ini masih Perawan dan belum banyak tercemari oleh manusia. Dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dan deburan ombak laut selatan yang menerjang karang karang besar dipinggir pantai yang akan membawa wiasatawan betah menikmati panorama keindahan batu-batu karang didepan pantai yang mempunyai rasa tersendiri dibanding pantai wisata lainnya di Cilacap. Oiya, disana ada Pedang yang Tertancap di Karang loh, ukuran pedangnya cukup besar dan tinggi, kurang tahu pasti asal usul pedang ini bisa berada disana

          Akses menuju pantai Permisan:
Untuk akses menju Pantai Permisan ini perlu ijin terlebih dahulu ke petugas yang ada di Dermaga Sodong mengingat untuk menuju ke pantai ini melewati beberapa Lapas yang ada di nusakambangan. Oiya, ijinnya ngga gratis loh, biaya ijinnya sekitar 50 ribu per orang dan nanti pengunjung disarankan bawa kendaraan sendiri karena akses ke pantainya cukup jauh sekitar 15 menit dari dermaga sodong jika ditempuh dengan kendaraan bermotor, kendaraan yang dibawa bisa langsung sampai ke pantainya loh..

          Dokumentasi Pantai Permisan:
Ini adalah beberapa foto yang sempat saya abadikan dengan kamera saya saat berada di Pantai yang bisa dibilang cukup perawan ini. Untuk memperbesar fotonya silahkan klik saja gambarnya

Pantai yang cukup bagus dan cukup bersih, mengingat jarang sekali yang kesini. Oiya ini pantainya cukup luas dan lebar loh, Dijamin ngga bakalan nyesel kalau datang ke Pantai Permisan ini apalagi sama pacar atau keluarga.

Jangan heran kalau di pantai ada beberapa orang yang sedang berteduh sendirian di pinggir pantainya bisa jadi itu adalah napinya, karna napi disana tidak melulu di dalam lapas tetapi dibiarkan untuk bercocok tanam dan ada juga yang disuruh merawat kerbau

          Saran untuk yang mau ke Pantai Permisan:
Saya sarankan bagi yang membawa kendaraan bermotor dan sejenisnya cek terlebih dahulu kendaraan yang akan dipakai, soalnya disana tidak ada bengkel dan juga jangan lupa di full kan dulu bensinnya karena disana tidak ada yang jual bensin dan juga jagan lupa makanan atau pengganjal perut soalnya disana tidak ada pedagang yang jual, kecuali di sekitaran dermaga

Nusakambangan, Pantai,

Pantai Kalikancana, Nusakambangan

Pantai Kali Kencana, Pantai yang masih sangat nyaman dan masih sangat bersih ini baru saja di perkenalkan ke public beberapa minggu yang lalu di instagram gw (@manggaul) , dari foto instagram gw itulah beberapa akun akun yang mempunyai follower besar merepost foto gw, dari dari repost itulah yang akhirnya beberapa orang tau dan pengen kesana dan tentunya ngajak gw suruh jadi guidenya..   karna banyaknya yang minta kesana akhirnya gw bikin acara jalan bareng kesana dan gw post di instagram lagi dan gw sebar di bbm, dari instagram dan bbm inilah dapet respon buaaaanyaaak banget, karna gw males nulis siapa aja yang mau ikut pas sebelum hari H akhirnya gw suruh aja semuanya yang mau berangkat kesana kumpul di teluk penyu, dan WOOOOWWWW yang kumpul 45 orang, akhirnya kita ber45 itu berangkatlah ke Pantai Kali Kencana ini

Akses ke lokasi pantai Kalikencana ini bisa dibilang cukup jauh dan jalannya yang cukup extreme menurut gw, bayangin aja jalan kaki kurang lebih hamper 3 jam, dan di perjalanan selama 3 jam tersebut banyak banget yang bisa ditemuin, ada beberapa aliran sungai yang dasarnya itu bantu dan kerennya lagi batu itu kaya ada warna warna peraknya gitu, sekilas mirip bahan batu akik, selain aliran sungai ada juga beberapa airterjun kecil yang tingginya sekitar 3 meter.   

Cara akses ke pantai kali kencana ini cukup murah, cukup membayar retribusi kapal sebesar 25 ribu untuk mengantar ke sebrang nusakambangn dan dari sebrang itulah kita memulai tracking di hutan nusakambangan selama kurang lebih 3 jam, kenapa ke pantai ini harganya lebih mahal atau berbeda sama beberapa pantai seperti Kalipat, Karang bandung, karng pandan dll ? karna pantai ini udah bukan area wisata lagi, pantai ini udah termasuk kawasan lapas nusakambangan..  

Oiya kalau mau kesana gw saranin bawa Guide, atau bawa temen yang udah tau jalan/jalur ke pantai kalikencana ini, atau kalian kalau bawa rombongan juga bisa Hubungi gw dan bawa 5 temen lebih, soalnya ngeri ueyy, masih banyak kera/monyet yang bergelantungan dan beberapa kali gw kesana juga gw(ga Cuma gw sih) denger suara macan/harimau yang suaranya kayanya sih ga jauh, oiya gw denger suara macan ini ga Cuma sekali ya, beberapa kali dan ga Cuma gw yang denger suaranya

Nusakambangan, Pantai,

Jasa Tour Guide ke Nusakambangan

Buat siapa aja yang butuh temen untuk memandu perjalannya ke beberapa pulau di nusakambangan, bisa menggunakan jasa saya, karena ada beberapa pantai pantai yang emang dilarang untuk umum dan kalua mau kesana harus ijin ijin dulu kaya pantai permisan misalnya, ada beberapa pantai yang masih bisa dinikmati di pulau nusakambangan yang ngga perlu pake ijin ijin ..

1. Pantai Karang Bandung (200rb)
2. Pantai Kalipat (200rb)
3. Pantai Selok Pipo (200rb)
4. Pantai Kali Kencana (250rb)

Harganya berbeda beda karena jaraknya juga ada yang jauh juga ada yang deket *kaya kang ojek ajaa, haha* , dan hanya nganter per rombongan (minimal 5 orang) , dan ngga nerima CUMA 2 orang apalagi cowo cewe,, aduhh; *haha

Harga yang saya tawarkan jelas lebih murah daripada pemandu pemandu yang ada di teluk penyu, apalagi kalo mereka tau kalau yang mau ke sana orang dari luar kota

Untuk harga kapal bolak balik untuk per orangnya adalah 15rb untuk ke pantai 1, 2, 3  dan kalau ke pantai yang ke 4, 20 rb karena lebih jauh naik kapalnyaa..

Oiya, untuk waktunya kalau bisa weekend, dan kalau mau weekday juga bisa, tapi sebelumnya harus konfirmasi dulu sekitar H-3, >disini<

Ehh iyaa btw skrng udah ga bisa open jasa tour guide lagi ya teman teman, tapi kalau mau tanya tanya boleh kok, kontak saya aja ya atau langsung ke empunya yang punya cilacap di instagram @explore_cilacap

Nusakambangan, Pantai,

Ada “Surga” dibalik pulau Nusakambangan

NUSAKAMBANGAN, adalah pulau yang berada di Cilacap yang banyak dianggap seram oleh banyak orang karna disanalah dilakukan banyak eksekusi mati dan merupakan rumah tahanan untuk para napi yang mempunyai kasus berat. Kita ingat kembali Duo Bali Nine Andrew Chan dan Myuran Sukumaran adalah warga negara Australia, sedangkan Mary Jane warga Filipina yang batal di eksekusi mati di Nusakambangan karena kasus narkobanya yang membuat ramai dikalangan Netizen, dan masih ada beberapa lagi yang telah di eksekusi mati disana …

Istilah “Penjara Nusakambangan” adalah sebuah kerancuan dalam pengertian khalayak ramai. Karena secara fakta tidak satupun nama penjara yang ada di sini yang bernama demikian.

Semula terdapat sembilan Lapas di Nusakambangan untuk narapidana dan tahanan politik, namun kini yang masih beroperasi hanya tinggal empat, yaitu:

Lapas Batu (dibangun 1925),
Lapas Besi (dibangun 1929),
Lapas Kembang Kuning (tahun 1950), dan
Lapas Permisan (tertua, dibangun 1908).

Lima lainnya, yaitu Nirbaya, Karang Tengah, Limus Buntu, Karang Anyar, dan Gleger, telah ditutup. Wilayah selatan pulau menghadap langsung ke Samudra Hindia dengan pantai berkarang dan berombak besar. Wilayah utara menghadap Kota Cilacap dan dikelilingi kampung-kampung nelayan sepanjang hutan bakau, antara lain Kampung Laut dan Jojog.

Tapi, dibalik itu semua ternyata Pulau Nusakambangan menyimpan banyak potensi pariwisata yang sangat menakjubkan yang berbanding terbalik dengan cerita seramnya pulau nusakambangan. Di Nusakambangan ada beberapa pantai yang cukup indah dan mungkin belum banyak orang yang tau kalau disana ada Pantai yang indah dan masih cukup Perawan. Bayangkan, tidak semua orang cilacap tau nama semua pantai pantai yang ada di Nusakambangan

Disini saya akan mencoba mengenalkan beberapa potensi wisata yang menakjubkan di Pulau Nusakambangan ini. Dijamin setelah itu tidak ada alasan lagi untuk menyebut pulau ini mengerikan.

  1. Pantai Permisan, Nusakambangan
  2. Pantai Kalipat, Nusakambangan
  3. Pantai Karang Bandung, Nusakambangan
  4. Pantai Karang Pandan, Nusakambangan
  5. Pantai Kalikencana, Nusakambangan
  6. Pantai Teluk Penyu, Cilacap

NB: Biaya yang saya sebutkan diatas sewaktu waktu dapat berubah

Sebenarnya masih ada beberapa lagi pantai pantai di Nusakambangan, seperti pantai Selok Pipa, Rancababakan, dan lainnya. Tapi yang baru saya kunjungi adalah beberapa pantai diatas, mungkin beberapa waktu kedepan saya akan mengunjungi semua pantai yang ada di Nusakambangan ini.

Selain pantai, Nusakambangan juga sebenarnya ada benteng dan goa-goa yang masih sangat tersembunyi keberadaanya dan masih sangat jarang orang, terutamanya keberadaan Goa Goa yang ada di Nusakambangan, di Nusakambangan sebenarnya tidak hanya ada 1 Goa, tetapi ada beberapa goa yang ada disana, berikut adalah daftar beberapa Goa yang ada di Nusakambangan.

Mungkin tidak hanya 10 Goa yang ada di sana, tetapi masih ada beberapa lagi yang masih belum diketahui nama dan keberadaannya..
Ayooo yang penasaran dengan pantai pantainya yang ada di Nusakambangan, silahkan datangi dan explore Pulau Nusakambangan, jika butuh teman bisa klik disini

Instagram has returned invalid data.

ini adalah blog pribadi milik Miftahul Huda, yang sengaja dibuat untuk menyimpan cerita dikehidupannya, dan terkadang juga berbagi info yang bermanfaat disini

Subscribe

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,111 other subscribers