Browsing category

Kampung Laut

Kampung Laut,

Kampung Laut Cilacap

Kampung laut merupakan sebutan untuk 4 desa perkampungan yang ada di laguna Segara Anakan di Cilacap bagian barat. Empat kampung tersebut adalah desa Ujungalang, Ujung Gagak, Panikel dan Klecas. Untuk menuju ke kampung laut kita mesti naik perahu compreng atau perahu jungkung dari pelabuhan sleko. Kalau dari arah alun-alun kota Cilacap ambil arah yang sebelah barat, lurus saja nanti akan mentok hingga bertemu tulisan “Pelabuhan Sleko”.

Ada apa sih di kampung laut? apakah kampungnya ditengah laut? Duh kalau kampungnya ditengah laut bagaimana ya cara mereka bisa bertahan hidup, apa gak takut rumahnya terseret ombak? Hiiii apalagi kalau ada tsunami duh gak kebayang deh. Hemmm jelas pertanyaan-pertanyaan ini yang bikin saya penasaran. Bagaimana mereka mendapatkan air bersih ya? secara air lautkan asin.

Oh apakah kampung mereka seperti sebuah kampung dikamboja yaitu Sihanoukville atau yang lebih dikenal dengan kampung Som sebuah perkampungan yang terapung.  Hiksss kalau belum kesana nih pertanyaan-pertanyaan tak terjawab deh. Apalagi kata-kata teman mengiyang-ngiyang ditelinga saya “gak nyesel deh kalau ke kampung laut!”

Kampung Laut,

Pesona Hutan Mangrove kampung laut Cilacap

Hutan Mangrove, kampung laut yang akhir akhir ini ramai dan jadi hitzz dikalangan instagrammer cilacap yang saat itu beberapa orang sedang main di Hutan Mangrove dang ngepost foto mereka di instagram .. banyak anak cilacap yang belum tau tempat ini, juga akses ke hutan mangrovenya yang cukup jauh sekitar 1 jam

Berikut ini ada beberapa foto yang sempat gw abadikan disana , kalau mau liat lebih banyak silahkan kesana sendiri aja, di bawah udah gw kasih tau cara aksesnya

untuk akses ke hutan mangrove ini ada 2 cara

1. Nyewa kapal nelayan yang ada di pelabuhan seleko, harga sewa per kapalnya sekitar 300-600rban tergantung kita pinter nawar apa nggak, naik kapal ini  lebih enak daripada yang regular soalnya kita bisa bebas mau pulang yang berapa dan mau ngapain aja disana gak di batesi sama waktu, dan ditungguin sama mamang tukang kapalnya … waktu tempuh kapalnya cukup jauh loh sekitar 1 jam baru sampe hutan mangrove ini

2. Ikut kapal reguler, ini lebih murah dan itungannya per orang kalo naik kapal ini, per orangnya 10rb terus nanti kalo udah sampe kampong laut bilang sama nelayan sana kalo mau ke hutan mangrove nani pasti dikasih tau dan suruh naik kapal lagi dan bayar lagi 10rb , waktu yang di butuhkan untuk perjalanan juga lebih lama, soalnya kita naik kapal 2x , kapal yang pertama menuju kampong laut membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan dari kampong laut itu menuju ke hutan mangrove nya sekitar 20 menit

dan kalo kita naik kapal ini kurang nyaman sih menurut gw, rame banget sesek sempit, pokoknya allinone lah, juga yang paling gw ga suka adalah dibatesin waktu, bayangin kita  berangkat dari cilacap kurang lebih jam 8 pagi dan pulang ke cilacap kapal terakhir sekitar jam 1 siang, kalo telat kapal itu yaudah mening nyewa kapal suruh nganterin atau nginep aja disana .. Nulisnya lanjut besok lagi, udah ngantuk gw

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit nullam non orci et libero luctus eleifend eget id justo donec nec facilisis mauris volutpat nunclor.

Subscribe

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,117 other subscribers